Powered By Blogger

Friday, April 20, 2012

Physical and Spiritual Refreshment in Kuningan, West Java

17-30 Dec 2011


Wilujeng Sumping,


Kali ini tujuan perjalanan gw adalah kota tempat kelahiran bapak gw dan tempat tinggal abah dan mbahuti, yaitu di daerah kaki gunung Ciremai, desa Kaliaren kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat.


Suasana desanya sejuk jauh dari keramaian dan polusi.. HHaaahhhhh *menghirup udaa dan  menghela napas


Di Desa Kaliaren kita bisa lihat pak tani dan bu tani yang sedang bekerja menggarap sawah. Pemandangan sawahnya yang hijau bisa menjadi obat penyegar buat mata..wwwuuuiiii rasanya seperti permadani hijau terhampar di depan mata. Air yang mengalir di sungainya juga seger bgt. *Tapi cuma bisa buat cuci kaki aja loh..








Minggu pagi di desa Kaliaren,
Hari minggu emang hari yang dinanti-nanti sama semua orang. Kalo hari minggu kebiasaan gw dirumah setelah shalat subuh langsung tidur lagi sampe siang, tapi kalo hari minggu disini setelah shalat subuh gw harus lebih cepat keluar rumah buat beli serabi. Yap..makanan yang satu ini adalah makanan tradisional yang ada di setiap daerah. Kalo di Kaliaren, serabi biasa dimakan bersama gorengan tempe kering atau gorengan pia-pia, dijual pagi hari start on 3 am 'til drop. Biasanya jam 8 pagi udah tinggal gigit jari doang karena antri banget dan kalo ada orang perantau (orang Jakarta atau orang luar kota-red) lu bakal telat bro karena kehabisan. *sold out
Serabi di Kaliaren ada isinya *full of taste :
-Serabi isi Dage a.k.a Serabi isi Oncom Rp.1.000
-Serabi isi ampas kecap, serabi ini isinya ampas kecap yaitu kacang kedelai hasil olahan utk kecap manis Rp.1.000
-Serabi isi telur Rp. 2.000
-Serabi biasa Rp. 500
Harga serabi ini terjangkau banggeetttt kann buat bagpacker (",)





Ini dia beberapa jepretan foto suasana pagi di desa Kaliaren :) *enjoy the photo


Anak-anak sedang lari pagi


Seorang Ibu sedang mencuci di balong Tampian


SDN KALIAREN

Beberapa makanan yang bisa lu dapetin di Desa Kaliaren :
Cilok *aCi dicoLok

Tahu Sumedang Mang Bagus.. Seeddaappp ;)

Ada lagi nih sob buah pepaya yang unik banget langsung dari pohonnya

Banyak banget pengalaman berharga yang gw dapet dalam perjalanan gw di desa sendiri :)
"A Valuable lesson from the experiences of value"

 Best Regards, Dimas Amalia Munazah Pasanema

Info Perjalanan gw dari Jakarta-Kuningan (Desa Kaliaren) :
1. KA Cireks (Cirebon Ekspress) dari st. Gambir  [Eksekutif : Rp. 90.000, Bisnis : Rp. 75.000]
2. Angkot D05 dari st. Besar Cirebon turun di terminal Cirebon Rp. 2.500
3. Dari terminal Cirebon naik bis 3/4 jurusan Kuningan turun di Caracas Rp. 3.000
4. Dari Caracas naik angkot kecil ke desa kaliaren Rp. 2.000 (angkot terakhir jam 3 sore)

Have a good Travelling :)

3 comments:

  1. itu rumah gw tuh...heheheh suasana damai kalo ingin istirahat dan menenangkan diri...paling gw suka kalo ujan dateng rintik2 dan liat suasana pesawahan adueh itu syahdu bgt kampung gw...salam kenal yah..ane di dusun wagenya

    ReplyDelete
  2. enak naik bus luragung/setia negara langsung turun caracas teh......

    ReplyDelete