Powered By Blogger

Tuesday, June 28, 2011

(INFO) Lapor Diri dan Lolos Butuh

Hai Teman-teman Apt 45 :)

Ogut mau sharing nih tentang Lapor Diri dan buat Surat Lolos Butuh di Dinkes Propinsi DKI Jakarta. Kebetulan ogut udah ngurus itu semua di Dinkes DKI Jakarta. Kalau postingan ogut kali ini kurang lengkap mohon maklum ya, ogut cuma pengen ngasih info aja. Mudah-mudahan infonya bermanfaat bagi teman-teman :)
Info ini ditujukan buat teman-teman yang belum Lapor Diri dan yang akan membuat SP.
Kalau untuk masalah STRA itu katanya harus nunggu Sertifikat Kompetensi kita jadi dulu, ogut disini cuma mau ngasih info ke teman-teman tentang Lapor Diri aja dan bagi yang ingin buat SP. Soalnya beberapa PSA/PBF/RS masih minta SP.

A. Lapor Diri
Tujuannya agar nama kita terdaftar di Dinkes DKI Jakarta. Menurut ogut ini sifatnya wajib, setiap tenaga kesehatan yang baru lulus wajib lapor diri ke Dinkes. Nah, kebetulan kita lulus dari Universitas di Jakarta, makanya kita Lapor ke Dinkes DKI Jakarta.
Syarat :
1. Buat Surat Permohonan Lapor Diri ditujukan kepada Dinkes DKI Jakarta. copy link berikut kemudian unduh D:\DIMAS\Surat - Surat Izin Apoteker\Permohonan Untuk Registrasi Surat Bukti Lapor Diri.mht 
2. Fotokopi Ijazah Apoteker yang sudah dilegalisir
3. Fotokopi Surat Sumpah yang sudah dilegalisir
4. Pas Foto 4x6 background merah (2 lembar)

B. Surat Lolos Butuh
Tujuannya sebagai surat pengantar untuk pembuatan SP Apoteker, jika si Apoteker bekerja di pelayanan/industri di luar kota Jakarta. Kalau untuk di pelayanan ini wajib, tapi kalau untuk di industri tergantung tempatnya diminta atau tidak.
Syarat :
1. Buat Surat Permohonan Lolos Butuh ditujukan kepada Dinkes DKI Jakarta. copy link berikut kemudian unduh D:\DIMAS\Surat - Surat Izin Apoteker\Permohonan Surat Lolos Butuh.mht
2. Fotokopi Ijazah Apoteker yang sudah dilegalisir
3. Fotokopi Surat Sumpah yang sudah dilegalisir
4. Surat Keterangan dari Pemilik Sarana Apotek di atas materai/PBF tempat kita bekerja/Kepala instalasi Farmasi RS(jika kita bekerja di RS)/Klinik tempat kita bekerja. copy link berikut kemudian unduh D:\DIMAS\Surat - Surat Izin Apoteker\Surat Pernyataan dr.Eko.mht
5. Pas Foto 4x6 background merah (2 lembar)

Langkah-langkah yang harus dilakukan teman-teman untuk Lapor Diri dan buat Surat Lolos Butuh adalah sbb : 
1. Bawa persyaratan di atas ke Dinkes DKI Jakarta di Jln. Kesehatan No.10 Tanah Abang Jakarta Pusat. klik link berikut http://maps.google.co.id/maps?q=jln.+kesehatan&hl=id&ll=-6.172065,106.815112&spn=0.011051,0.013154&sll=-6.175158,106.811142&sspn=0.011051,0.013154&radius=0.54&z=16
(petunjuk arah untuk ke Dinkes: teman-teman bisa naek kereta turun di st.Juanda, dari st.Juanda bisa naek ojeg Rp.7.000.- atau Bajaj kurang lebih Rp.15.000.- atau Taxi kurang lebih Rp.15.000 ke Jln. Kesehatan. Arahnya dari st. Juanda tinggal lurus aja sampe ketemu perempatan lampu merah harmoni lurus terus setelah itu ketemu lampu merah pertama belok kiri, ga jauh dari situ DInkes adanya di sebelah kanan jalan)
2. Setelah teman-teman sampai di Dinkes, teman-teman langsung ke Gedung C Lt. 2 ketemu dengan Ibu Ita. Ibu Ita ini yang ngurusnya.
3. Setelah ketemu Ibu Ita nanti teman-teman akan disuruh fotokopi tanda bukti pengambilan
4. Setelah fotokopi, teman-teman langsung ke Gedung D lt.2 kasih berkas-berkasnya ke pegawai yang ada di sana
 Gampangkan...???

Teman-teman tinggal tunggu 10 hari kerja alias 2 minggu untuk pengambilannya. Tapi pengalaman ogut, 1 bulan setelahnya baru jadi.. Jadi, ogut saranin dari pada bolak-balik nunggu 1 bulan aja. Atau teman-teman bisa telp dulu ke bagian SDK (Sumber Daya Kesehatan) di 021-3451338 (tapi tlpnya rada-rada error, 2x ogut telp error terus)

Untuk pulangnya dari Dinkes gampangnya tinggal naek angkutan yang udah ogut sebutin tadi kearah st.Juanda. Ogut saranin kalo naek Taxi mending rame-rame gitu biar hemat :p

Langkah Berikut adalah pengambilan Surat Lapor Diri dan Lolos Butuh : (buat teman-teman yang belum ngambil silahkan disimak)
1. Teman-teman langsung aja ke Gedung C Lt.2 ketemu Ibu Ita buat ngambil Surat itu disertakan tanda bukti yang udah di fotokopi itu.
2. Setelah itu teman-teman akan dapet surat bukti lapor asli dan surat lolos butuh asli yang kemudian di fotokopi masing-masing 5 lembar kemudian di stempel
Gampangkan ...???

Untuk Buat dan Pengambilan bisa diwakilin kok, jadi buat teman-teman yang gak bisa ke Dinkes titip aja, tapi syarat-syaratnya udah dilengkapin ya..
Disini teman-teman TIDAK dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS

Nah, untuk teman-teman yang bikin surat lolos butuh, itu ditujukan untuk pembuatan SP. Surat lolos butuhnya dilampirkan bersama berkas-berkas lain kepada Dinkes Propinsi setempat (tergantung tempat teman-teman bekerja ya). Kebetulan ogut jadi APA di daerah Bekasi jadi ogut ngurus ke Dinkes Propinsi Jawa Barat yang ada di Bandung (deket RS. Hasan Sadikin). Info lebih lengkapnya nanti ogut postingin lagi setelah ogut dari Bandung ya.. (Biar lebih jelas gitu..)

Teman-teman makasih udah baca postingan ogut,
Kalau ada yang kurang atau masih kurang jelas dan ada yang mau nambahin saran dan kritik teman-teman bisa comment aja.. jangan lupa di follow ya blog ogut ini :)

Arigato Gozaimasu , Terima kasih :)
Genki Desu !!!  

1 comment:

  1. Ada contoh surat bukti lapor gak? surat bukti lapor itu, apakah sama dengan STR? mksh

    ReplyDelete